Skip to content
Home » Mengenal Besi Hollow: Jenis, Kegunaan dan Spesifikasi

Mengenal Besi Hollow: Jenis, Kegunaan dan Spesifikasi

Apa Itu Besi Hollow?

Besi Hollow adalah Besi berongga adalah sejenis bahan bangunan yang berbentuk kotak atau persegi panjang dengan rongga di tengahnya sehingga bentuknya menyerupai tabung. Besi hollow memiliki banyak jenis, pada artikel kali ini kami akan menyebutkan 3 jenis besi hollow yaitu besi hollow hitam, besi hollow galvanis dan besi hollow galvanis. Yuk cari tahu perbedaan 3 jenis besi hollow berdasarkan bahannya di artikel ini.

Apa itu besi hollow ?

Istilah hollow berasal dari bahasa Inggris yang berarti “hollow”. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa nama asli dari besi ini adalah besi HSS atau bagian struktur berongga. Penunjukan ini mengacu pada tabung baja dilas kekuatan tinggi yang digunakan sebagai anggota struktural di gedung dan struktur lainnya dan di berbagai produk manufaktur. Di Indonesia ada beberapa penyebutan bahan ini, seperti besi kotak, besi kotak, holo dan pipa besi.

Dimensi Besi Hollow ?

Pada gambar di atas kita bisa melihat dimensi-dimensi utama dari besi hollow adalah A (mm) x B (mm) x t(mm) x L(M)A digambarkan sebagai sisi pendek dan B merupakan sisi lebar dari besi hollow. L adalah panjang keseluruhan dan t adalah tebal besi hollow. Ilustrasi ini dapat digunakan sebagai panduan untuk mengetahui ukuran besi hollow secara umum.

 

Jenis Jenis Besi Hollow berdasarkan cara pembuatannya

Berdasarkan materialnya terdapat berbagai jenis besi hollow. Di artikel ini mari kita bahas 3 jenis besi hollow yang paling banyak digunakan yakni:

1.       Besi hollow hitam

Terbuat dari pelat besi hitam yang disebut pelat baja canai panas, adalah lembaran baja canai panas tipis yang ditekan menjadi pelat baja hitam. Besi jenis ini biasanya panjangnya 6 meter dengan bagian dan ketebalan yang berbeda. Karena terbuat dari besi lembaran hitam, besi ini memiliki karakteristik yang hampir sama yaitu tebal, berwarna hitam abu-abu dan padat, sehingga besi ini memiliki ketahanan api dan penyerapan panas yang baik. Selain harganya yang terjangkau, besi hollow hitam juga memiliki nilai estetika yang tinggi, sehingga cukup digemari masyarakat untuk membuat tangga dan railing tangga minimalis.

Kelebihan Besi Hollow Hitam :

 

  • Tersedia dalam rentang ketebalan yang lebih bervariasi
  • Cocok untuk konstruksi bangunan dengan beban berat
  • Harga besi hollow hitam relatif lebih murah dibanding besi galvanis pada ketebalan yang sama
  • Jenis ini lebih lengket terhadap cat asalkan teknik pengecatannya benar
  • Akan lebih tahan lama apabila bahan ini dipakai untuk interior

 

 

2.      Besi hollow galvanis

Hot dip galvanizing (HDG) adalah metode galvanisasi dengan mencelupkan besi ke dalam bak seng pada suhu tinggi. Inilah sebabnya mengapa metode ini sering menggunakan material dengan penampang lebar dan tebal yang dapat menahan panas. Oleh karena itu, besi hollow galvanis menerapkan metode ini dengan menggunakan material besi hollow hitam dengan penampang yang lebar dan tebal.

Kelebihan Besi Hollow Galvanis (HDG) :

  • Melindungi besi atau baja terhadap karat dalam jangka waktu yang lama, karena memiliki lapisan seng yang relatif tebal.
  • Biaya pemeliharaan terhadap korosi rendah karena besi ini telah dilapisi oleh lapisan anti karat.
  • Tidak memerlukan pengecatan.
  • Permukaan besi atau baja lebih tahan terhadap goresan.
  • Melapisi hingga bagian dalam besi

 

3.     Besi hollow galvalume

Pipa besi hollow galvalume atau pipa baja hollow galvalume adalah tabung baja ringan (galvalume) yang mengandung seng (zinc) dan aluminium sebagai lapisan luarnya. Lapisan dalam besi galvalume berongga biasanya 55% aluminium, 3,5% seng (seng) dan 1,5% silikon. Ciri umum dari besi galvalume yang mudah kita kenali dengan mata telanjang adalah memiliki kilap atau kilap, memiliki pola yang unik pada bagian berongga besi galvalume, dan bobotnya yang ringan. Pola atau tanda pada galvalume berlubang tidak mempengaruhi daya tahan atau kualitas produk. Karena pola hanya digunakan sebagai penanda bahwa galvalum berongga diproduksi oleh pabrik tertentu.

Kelebihan Besi Hollow Galvalum

  • Besi hollow galvalum tidak mudah berkarat jika terkena air biasa maupun air hujan.
  • Mudah untuk dibentuk dan disesuaikan dengan kebutuhan
  • Anti rayap, tidak merambatkan api dan tahan dalam berbagai kondisi.
  • Harganya relatif terjangkau
  • Bobotnya ringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *